FKII ASY SYAMS ADALAH ROHIS UIN SUSKA RIAU

FKII ASY-SYAMS adalah ROHIS Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
FKII ASY-SYAMS ( Forum Kajian Islam Intensif) 

SEJARAH

Sejarah FKII Asy-syams AWAL TERBENTUK…..

FKII adalah wadah (organisasi) yang bergerak dibidang ke Islaman (da’wah) dan tujuannya adalah sebagai sarana pembinaan dan perbaikan diri.

FKII Berdiri Tahun 1998, 28 Oktober bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Dg berbagai pengorbanan yang tak terperikan. Dibentak oleh BEM, disebelah matakan oleh birokrasi, macam-macam. Namun mereka tak gentar, perjuangan harus diteruskan. Karena mereka yakin apa yang akan mereka wujudkan adalah dalam rangka untuk meninggikan kalimat Allah dimuka bumi, selain itu juga mereka menginginkan agar FKII kedepan bisa menghimpun, membina dan mengarahkan segenap mahasiswa UIN SUSKA Riau dalam suatu wadah kerja sama yang bernafaskan Ukhuwah Islamiyah dengan visi keimanan untuk meningkatkan mutu kemahasiswaan dalam masyarakat kampus dan lingkungan sekitarnya.Tak ada meja bundar, tak ada hidangan juice, tak ada makan siang, layaknya konfrensi pembentukan sebuah organisasi intelektual lainnya. FKII terbentuk diatas hamparan rumput dengan ditemani semilir angin. Fasilitas gratis yang Allah berikan, tanpa susah-susah terbentur birokrasi hanya untuk sekedar meminjam aula yg terkenal sangat sulit saat itu, entah sekarang. Siapa mereka rasanya tak menjadi penting bagi mereka, karena mereka hanya menginginkan sebuah perbaikan, agar generasi muda yg menjadi penerus risalah Rasullah tdk terlena dengan terjangan modernisme yg melenakan, hingga melupakan siapa kita yg sesungguhnya, untuk apa kita dicipta.

Alhamdulillah, akhirnya FKII terbentuk. SK keluar. Kegiatan berlangsung terus menerus.

KEMUDIAN…..

FKII melenggang dengan mulusnya, kegiatan2 yang mengasyikkan terus melaju. Kader2 bertambah. Terbukti setiap kegiatan yg dilangsungkan oleh FKII selalu menyedot selera mahasiswa hingga ada suatu pengalaman ketika FKII menggelar acara sampai tidak tega menolak karena ruangan sudah penuh. Acara-acara yg diusung FKII bukan acara monoton yg membuat orang bosan. Out bond, seminar-seminar dengan pembicara nasional, masak-masak, rekreasi, games, keteknologian, pelatihan bahasa asing, macam2. yg kesemuanya merupakan kebutahan fitrah manusia. Dan kegiatan apapun yg kita lakukan insya Allah, bukan kegiatan yang tidak disukai Allah. Kegiatan apapun yg kita lakakan adalah dalam rangka lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan yg lebih penting seluruh kegiatan yg kita lakukan adalah untuk lebih mengokohkan pendirian kita pada Islam, bahwa ternyata Islam adalah solusi satu2nya dalam segala permasalahan, dan dari itu semua kita berharap akan melahirkan generasi-generasi muda yg menjadi asset bagi bekal pribadinya dan asset bagi kejayaan Islam dikemudian hari.

AKHIRNYA…

Dari 1998 hingga 2007 FKII telah melahirkan kader hampir mencapai 1000 orang, sebuah bukti perjuangan yg bukan main. Sebuah prestasi yang patut disyukuri. Boleh dibuktikan kepada kader-kader FKII apa saja yg sudah diperolehnya selama menjadi kader FKII, pastilah sebuah hal yg sangat mencengangkan. Karena terbukti apa yang mereka dapatkan di FKII insya Allah akan bisa dibawa hingga mereka keluar dari UIN suska sekalipun. Apa yang diberikan FKII bukan untuk mencari ketenaran apa lagi keuntungan duniawi semata. Tapi betul-betul mengharapkan tingginya Izzah Islam dimuka bumi melalui pembentukan kader yang intelek.

FKII adalah wadah (organisasi) yang bergerak dibidang ke Islaman (da’wah) dan tujuannya adalah sebagai sarana pembinaan dan perbaikan diri.

FKII Asy-Syams lahir pada tanggal 28 Oktober 1998,(dulu bernama FKII Ein-Syam),yang pada awalnya organisasi ini terbentuk karena adanya diskusi rumput yang akhirnya menjadi sebuah forum.
Pada tahun 1999, dengan kerjasama yang baik IAIN-UNRI pada saat itu,FKII Asy-Syams dapat mengikuti FSLDK ke X dan langsung diakui secara nasional.

Pola Pengkaderan awalnya dilakukan dengan mengadakan Kajian Islam Ahad Pagi (KIAP), dan selanjutnya KIAP sebagai salah satu Pola Pengkaderan. Seiring dengan perkembangan, KIAP berubah nama menjadi BIDIK (Bimbingan Dienul Islam Kaffah).

Menghimpun, membina dan mengarahkan segenap mahasiswa UIN SUSKA Riau dalam suatu wadah kerjasama yang bernafaskan Ukhuwah Islamiyah dengan visi keimanan untuk meningkatkan mutu kemahasiswaan dalam masyarakat kampus dan lingkungan sekitarnya.

Rohis fakultas Yang Ada dibawah naungan FKII ASY-SYAMS

Inilah rohis fakultas Yang Ada di UIN SUSKA RIAU

1. FS NURI (Rohis fakultas Tarbiyah Dan Keguruan) berdiri pada (5 Oktober 2005)

2. FK-MASSYA (Rohis fakultas syariah Dan hukum) berdiri pads (21 Desember 2004)

3. Al Fata Al muntazhar (Rohis fakultas ushuludin ) berdiri pads (3 DESEMBER 2009)

4. FU ASSALAM (Rohis fakultas Saint Dan teknologi) berdiri pads 09 APRIL 2003

5. DCC Al fatih (rohis fakultas dakwah Dan komunikasi)  berdiri pada (05 november 2013)

6. Pdc Insight (rohis Fakultas Psikologi) berdiri pada 4 April 2006

7. Isc Al Iqtishodi (rohis fakultas ekonomi Dan social) berdiri pada: 25 Juni 2006

8. An Nahl (fakultas peternakan Dan pertanian) berdiri pada: *8 DESEMBER 2005*


Dikutip dari: 
http://fkiiasyamsuinsuska.weebly.com/profil.html

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal psikologi bahasa inggris beserta terjemahannya dalam bahasa indonesia

review jurnal psikologi perkembangan “Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir”

contoh review jurnal psikologi pendidikan