tugas tugas dalam struktur kepanitiaan acara
PELAKSANAAN
KEGIATAN
Tujuan umum pembentukan
panitia event :
1.
Melaksanakan
fungsi manajemen event yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan, melakukan monitoring dan evaluasi seluruh tahapan-tahapan
pelaksanaan event.
2.
Mengatur tata
laksana dan tata kerja dalam persiapan dan pelaksanaan event.
3.
Mengelola materi
event secara baik dan benar.
4.
Dapat
mengkondisian dan menciptakan suasana yang lebih kondusif dan kooperatif bagi
pelaksanaan event.
5.
Melaksanakan dan
mengendalikan kegiatan operasional.
6.
Melaksanakan
koordinasi dan komunikasi dengan semua unsur yang terlibat dalam kegiatan.
7.
Dalam membuat
panitia event, biasanya akan melibatkan banyak orang yang akan diberi wewenang
dan tanggung jawab untuk menjalankan programnya sesuai dengan divisi masing-masing.
Secara umum, dalam sebuah kepanitiaan event terdiri dari orang-orang penting
yeng memiliki tugas sebagai berikut :
TUGAS
DALAM STRUKTUR PANITIA
1. Tugas Ketua Panitia
Ketua panitia merupakan
sosok pemimpin yang bisa mengerakkan semua roda kepanitiaan dalam event
tersebut. Biasanya seorang ketua akan dibantu oleh wakil ketua sehingga
pekerjaan bisa menjadi lebih ringan. Adapaun tugas ketua panitia event adalah
sebagai berikut :
A.
Memimpin semua
panitia event agar sesuai dengan visi dan semua rencana yang telah ditentukan,
B.
Menjadi
koordinator panitia event,
C.
Membuat detil
konsep dan melimpahkan tugas kepanitiaan kepada yang bersangkutan
D.
Memberi
pengarahan dan melakukan pengawasan saat pelaksanaan event
E.
Mencari
alternatif solusi jika terjadi permasalahan dan membuat keputusan secara tepat
F.
Bertanggungjawab
kepada pemangku kepentingan dan penanggung jawab event
G.
Meminta laporan
pertanggungjawaban kepada setiap seksi
H.
Bersama
sekretaris, ketua panitia membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ) event
2. Tugas Sekretaris
Sekretaris merupakan
seseorang yang ditugaskan untuk mengurus berbagai hal yang terkait dengan
kesekretariatan event. Beberapa tugas seorang sekretaris dalam pengelolaan
event diantaranya adalah :
A.
Membuat
surat-surat resmi seperti surat permohonan surat permohonan dana, surat kontrak
kerjasama, Surat peminjaman dan berbagai kegiatan keskretariatan yang relevan.
B.
Membuat Surat
Keputusan kepanitiaan event.
C.
Menyiapkan dan
mengedarkan daftar hadir peserta dan daftar hadir panitia;
D.
Menyiapkan
sertifikat untuk panitia maupun peserta jika dibutuhkan
E.
Membuat tanda
kepanitiaan seperti ID Card atau Name Card
F.
Menyediakan
lembar komunikasi kepanitiaan
G.
Membuat daftar
kebutuhan dan anggaran event
H.
Berkoordinasi
dengan seksi terkait sesuai dengan kebutuhan
I.
Bertanggungjawab
kepada Ketua Panitia
3. Tugas Bendahara
Untuk dapat mengelola
event dengan baik, maka dibutuhkan seorang bendahara untuk mengatur keuangan.
Beberapa tugas bendahara event diantaranya adalah :
A.
Membantu ketua
panitia event dalam melaksanakan tugasnya, khususnya dalam hal pengelolaan
anggaran.
B.
Menyusun rencana
anggaran belanja untuk memenuhi kebutuhan event
C.
Mengelola dan
mengawasi pemasukan dan penggunaan dana.
D.
Membuat
pembukuan pendanaan secara rinci dan .jelas
E.
Bertanggung
jawab kepada ketua Panitia
4. Tugas Bidang Acara
A.
Membuat susunan
acara secara rinci dan spesifik
B.
Bersama divisi
perlengkapan menyusun daftar perlengkapan dan mengadakannya;
C.
Membuat konsep
acara agar lebih baik, misalnya dengan mengundang orang ahli yang dibutuhkan
dalam event tersebut;
D.
Berfungsi
sebagai koordinator lapangan dan mengatur hal-hal teknis di lapangan saat acara
berlangsung;
E.
Melakukan
sosialisasi susunan acara kepada berbagai pihak yang terkait dengan event
tersebut
F.
Bertanggungjawab
kepada ketua Panitia
5. Tugas Bidang Humas
dan Publikasi
A.
Mengkonsep dan
membuat media publikasi kegiatan ( misalnya dalam bentuk pamflet, leaflet,
brosur, spanduk, baliho, poster, undangan sesuai dengan kebutuhan kegiatan) dan
menyebarkannya kepada pihak terkait
B.
Merancang serta
mendesain Katalog
C.
Membantu sie
kesekretariatan dalam mengadakan dan mengelola dokumen-dokumen yang diperlukan
dalam kegiatan
D.
Membuat list
kebutuhan dan anggaran yang terkait dengan promosi acara
E.
Bertanggungjawab
kepada ketua panitia
6. Tugas Bidang
Perlengkapan dan dekorasi
A.
Merencanakan dan
mendata peralatan perlengkapan kegiatan yang dibutuhkan serta mengupayakan
pengadaannya dengan sebelumnya mengadakan koordinasi dengan bidang lain terkait
yang membutuhkan perlengkapan sarana
B.
Mengadakan
hubungan/ kontrak perjanjian dalam hal peminjaman/ penyewaan peralatan.
C.
Bertanggung
jawab atas pemeliharaan/ perawatan dan pengembalian peralatan perlengkapan
kegiatan
D.
Mengadakan dan
mendistribusikan perlengkapan kegiatan
E.
Melakukan tugas-tugas
yang ditugaskan oleh ketua panitia.
F.
Melaporkan
hasil-hasil kegiatan kepada ketua panitia
7. Tugas Bidang
Konsumsi
A.
Menyiapkan dan
mengatur menu makanan (ringan dan berat) termasuk penjadwalannya
B.
Mengupayakan adanya konsumsi, menyediakan
(mempersiapkan) serta menyuguhkannya kepada panitia, peserta, dan pengisi acara
C.
menyiapkan dan
membereskan alat-alat konsumsi yang dibutuhkan
D.
Mengurus biaya
konsumsi
E.
Berkoodinasi
dengan bendahar terkait list kebutuhan dan anggaran
F.
Bertanggungjawab
kepada Ketua Panitia
8. Tugas Bidang
Dokumentasi dan transportasi
A.
Menyediakan,
memproses dan memproduksi dokumentasi kegiatan dalam bentuk foto ataupun video
B.
Menyediakan dan
menyiapkan sarana transportasi bagi kebutuhan kegiatan
C.
Melakukan
tugas-tugas yang ditugaskan oleh ketua panitia dan berkoordinasi dengan sie
lainnya secara kooperatif.
D.
Melaporkan
hasil-hasil kegiatan kepada ketua panitia.
9. Tugas Bidang
Sponsorsip
A.
Membuat list
Sponsor
B.
Membuat
kontrapretasi di proposal sponsorship
C.
Mengajukan
proposal: Sponsorship
D.
Melakukan usaha
yang dapat memberikan pemasukan
E.
Melakukan follow
up dana dan usaha pre acara
F.
Mengurus pihak
sponsor yang datang saat hari H
G.
Melakukan follow
up dana dan usaha pasca acara
H.
Membuat list
kebutuhan dan anggaran
I.
Melakukan
kerjasama dengan Bidang. Lain yang terkait
10. Tugas Bidang
Keamanan
A.
Mengatur dan
mempersiapkan penataan seluruh kegiatan yang berkaitan dengankeamanan kegiatan
B.
Mengatur dan
mempersiapkan sarana-sarana yang berkaitan dengan keamanan kegiatan
C.
Melakukan
koordinasi kegiatan pengamanan yang berkaitan dengan Kegiatan
D.
Melakukan
tugas-tugas yang ditugaskan oleh Ketua Panitia
Comments
Post a Comment