REVIEW Jurnal psikologi bahasa inggris terjemahan bahasa indonesia



Jurnal 1
Juduljurnal
Cell Phone-Induced Failures of Visual Attention During Simulated Driving(Telepongenggammenyebabkankegagalanatensivisual selamasimulasiberkendara)
Penulis
David L. Strayer, Frank A. Drews, and William A. Johnston
Penerbit
Journal of Experimental Psychology: Applied. 2003, Vol. 9, No. 1, 23–32
LatarBelakang
Penelitiansebelumnyamengatakanbahwapanggilantelepondanmenjawabteleponmemilikidampaknegatifketikaberkendara. Didukungolehpenelitianlainbahwapartisipan yang berbicaramelaluitelepongenggamlebihlambatdalammeresponsinyallalulintas.
Beberapapenelitiantelahmenjelaskantentanghubunganatensidanberkendara. Dari 723 kecelakaan, 37,8% disebabkanolehkurangnyaatensi. Kurangnyaatensiinimenjadipenyebabutamadarikecelakaanlalulintas.
Variabel
Variabelbebas   : Telepongenggam
Variabelterikat  : Atensi Visual
Desain
Within subject
Subjek
Ekperimen 1: 40 MahasiswadariUniversity of Utah(18 laki-lakidan 22 perempuan), berusiasekitar 18-32 tahun.
Eksperimen 2:  20 MahasiswadariUniversity of Utah(11 laki-lakidan 9 perempuan), berusiasekitar 18-24 tahun.
Eksperimen3:  20 MahasiswadariUniversity of Utah(15 laki-lakidan 5 perempuan), berusiasekitar 18-23 tahun.
Eksperimen4:  30 MahasiswadariUniversity of Utah(17 laki-lakidan 13 perempuan), berusiasekitar 18-25tahun.
Teknik Sampling
Purposive sampling :Sampeldipilihmereka yang memilikiketajaman visual yang normal, tidakbutawarnadanmemiliki sim Utah.
BentukManipulasi
Eksperimen 1: Melakukanmanipulasidenganmenambahjumlahkendaraan.
Eksperimen 2:Melakukanmanipulasidenganmenempatkan 5 papaniklandalamskenario.
Eksperimen 3:Melakukanmanipulasidenganmenempatkan 5 papaniklandalam scenario danmenyuruhpesertauntukan ASL 501 (pelacakmata)
Eksperimen 4: Melakukansimulasidenganmengucapkannamahewan
ProsedurPelaksanaan
Eksperimen 1: Pesertamengisikuesioneruntukmenilaiminatdalampercakapan di telepon. Setelahitupesertadibiasakandenganmengemudimenggunakan simulator selama 20 menit. Setelahitumelajuselama 10 mil, setengah scenario dilakukanpartsipantanpaberbicaramenggunakantelepon (single task), dansisanyapartisipanberbicaramenggunakantelepon (dual task). Tugaspesertahanyalahmengikutikecepatanmobil yang beradadidepannyadanmengeremsaatdiperlukan.
Eksperimen 2: Pesertamengisikuesioneruntukmenilaiminatdalampercakapan di telepon. Setelahitupesertadibiasakandenganmengemudimenggunakan simulator selama 20 menit. Kemudianpartisipandiarahkanuntukberkendarasejauh 1.2 mil kepinggirankotadenganmengikutirambu –rambu yang tersediadanpapaniklan. Setengahskenariodilakukandengan single task, dansisanyamenggunakan double task. Setelahsimulasiberkendaraselesai, partisipandisuruhuntukmenjawabpertanyaanapakahgambartersebutdisajikanselamasimulasiberlangsung.
Eksperimen 3:Prosedur yang dilakukansamadenganprosedureksperimen yang kedua, namunpesertadisuruhuntukmenggunakanASL 501 untukmelacakarah retina, selainitujuga agar pengemudidapatberfokuspadagambar yang disajikan.
Eskeprimen 4: Pesertamengisikuesioneruntukmenilaiminatdalampercakapan di telepon. Setelahitudilakukanpemanasandenganmelakukan single task dan double task selama 7 menit. Kemudianpartisipandisuruhmelakukan single task selama 7.5 menitdanlangsungdilanjutkandengan double task padamenitkelimabelas.Pada single task, partisipanmengikutijalursendiri. Pada double task partisipanmengikutijalurdenganmelakukanperbincangan di telepon. Dalamperbincangantersebutsebanyak 3% disebutkannamabinatang. Kemudiansetelahsimulasipartisipandisuruhmenekantombol yang apabilamendengarnamabinatang yang ada di dalampembicaraan.
HasilPenelitian
Eksperimen 1: Hasileksperimenmenunjukkanbahwatidakadaperbedaan yang signifikanterhadapterjadinyakecelakaanantara single task dan dual task padasaatkepadatankendaraan yang rendah. Namunditemukanperbedaan yang signifikanterhadapterjadinyakecelakaanantara single task dan dual task padasaatkepadatankendaraan yang tinggi. Makadapatdisimpulkanbahwapartisipan yang berkendarasambilmenelfoncenderunglebihlambatuntukmenginjak pedal rem, haliniterjadikarenapengalihanatensidariberkendarakepercakapanselamamenelfon.
Eksperimen 2: Hasileksperimeninimenunjukkanbahwaperbincangan di telepondapatmerusakpengenalanmemoriselamasimulasiberlangsung.
Eksperimen 3:Hasileksperimeninimenunjukkanbahwaberbicaramenggunakantelepongenggamsaatmengemudimenggangguatensipengemudiakandunialuar. Merekakurangdapatberkonsentrasiterhadapapa yang ialihatdi depanmatanyaketikamengemudisambilmelakukanpembicaraan di telepon.
Eksperimen 4:Hasileksperimeninimenunjukkanbahwaperbincangan di teleponmengurangiatensipada input eksternal.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH COVER MAKALAH UIN SUSKA RIAU

review jurnal psikologi perkembangan “Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir”

contoh Laporan psikologi wawancara ( KEBAHAGIAAN PADA LANSIA)