REVIEW Jurnal psikologi bahasa inggris terjemahan bahasa indonesia



Jurnal 1
Juduljurnal
Cell Phone-Induced Failures of Visual Attention During Simulated Driving(Telepongenggammenyebabkankegagalanatensivisual selamasimulasiberkendara)
Penulis
David L. Strayer, Frank A. Drews, and William A. Johnston
Penerbit
Journal of Experimental Psychology: Applied. 2003, Vol. 9, No. 1, 23–32
LatarBelakang
Penelitiansebelumnyamengatakanbahwapanggilantelepondanmenjawabteleponmemilikidampaknegatifketikaberkendara. Didukungolehpenelitianlainbahwapartisipan yang berbicaramelaluitelepongenggamlebihlambatdalammeresponsinyallalulintas.
Beberapapenelitiantelahmenjelaskantentanghubunganatensidanberkendara. Dari 723 kecelakaan, 37,8% disebabkanolehkurangnyaatensi. Kurangnyaatensiinimenjadipenyebabutamadarikecelakaanlalulintas.
Variabel
Variabelbebas   : Telepongenggam
Variabelterikat  : Atensi Visual
Desain
Within subject
Subjek
Ekperimen 1: 40 MahasiswadariUniversity of Utah(18 laki-lakidan 22 perempuan), berusiasekitar 18-32 tahun.
Eksperimen 2:  20 MahasiswadariUniversity of Utah(11 laki-lakidan 9 perempuan), berusiasekitar 18-24 tahun.
Eksperimen3:  20 MahasiswadariUniversity of Utah(15 laki-lakidan 5 perempuan), berusiasekitar 18-23 tahun.
Eksperimen4:  30 MahasiswadariUniversity of Utah(17 laki-lakidan 13 perempuan), berusiasekitar 18-25tahun.
Teknik Sampling
Purposive sampling :Sampeldipilihmereka yang memilikiketajaman visual yang normal, tidakbutawarnadanmemiliki sim Utah.
BentukManipulasi
Eksperimen 1: Melakukanmanipulasidenganmenambahjumlahkendaraan.
Eksperimen 2:Melakukanmanipulasidenganmenempatkan 5 papaniklandalamskenario.
Eksperimen 3:Melakukanmanipulasidenganmenempatkan 5 papaniklandalam scenario danmenyuruhpesertauntukan ASL 501 (pelacakmata)
Eksperimen 4: Melakukansimulasidenganmengucapkannamahewan
ProsedurPelaksanaan
Eksperimen 1: Pesertamengisikuesioneruntukmenilaiminatdalampercakapan di telepon. Setelahitupesertadibiasakandenganmengemudimenggunakan simulator selama 20 menit. Setelahitumelajuselama 10 mil, setengah scenario dilakukanpartsipantanpaberbicaramenggunakantelepon (single task), dansisanyapartisipanberbicaramenggunakantelepon (dual task). Tugaspesertahanyalahmengikutikecepatanmobil yang beradadidepannyadanmengeremsaatdiperlukan.
Eksperimen 2: Pesertamengisikuesioneruntukmenilaiminatdalampercakapan di telepon. Setelahitupesertadibiasakandenganmengemudimenggunakan simulator selama 20 menit. Kemudianpartisipandiarahkanuntukberkendarasejauh 1.2 mil kepinggirankotadenganmengikutirambu –rambu yang tersediadanpapaniklan. Setengahskenariodilakukandengan single task, dansisanyamenggunakan double task. Setelahsimulasiberkendaraselesai, partisipandisuruhuntukmenjawabpertanyaanapakahgambartersebutdisajikanselamasimulasiberlangsung.
Eksperimen 3:Prosedur yang dilakukansamadenganprosedureksperimen yang kedua, namunpesertadisuruhuntukmenggunakanASL 501 untukmelacakarah retina, selainitujuga agar pengemudidapatberfokuspadagambar yang disajikan.
Eskeprimen 4: Pesertamengisikuesioneruntukmenilaiminatdalampercakapan di telepon. Setelahitudilakukanpemanasandenganmelakukan single task dan double task selama 7 menit. Kemudianpartisipandisuruhmelakukan single task selama 7.5 menitdanlangsungdilanjutkandengan double task padamenitkelimabelas.Pada single task, partisipanmengikutijalursendiri. Pada double task partisipanmengikutijalurdenganmelakukanperbincangan di telepon. Dalamperbincangantersebutsebanyak 3% disebutkannamabinatang. Kemudiansetelahsimulasipartisipandisuruhmenekantombol yang apabilamendengarnamabinatang yang ada di dalampembicaraan.
HasilPenelitian
Eksperimen 1: Hasileksperimenmenunjukkanbahwatidakadaperbedaan yang signifikanterhadapterjadinyakecelakaanantara single task dan dual task padasaatkepadatankendaraan yang rendah. Namunditemukanperbedaan yang signifikanterhadapterjadinyakecelakaanantara single task dan dual task padasaatkepadatankendaraan yang tinggi. Makadapatdisimpulkanbahwapartisipan yang berkendarasambilmenelfoncenderunglebihlambatuntukmenginjak pedal rem, haliniterjadikarenapengalihanatensidariberkendarakepercakapanselamamenelfon.
Eksperimen 2: Hasileksperimeninimenunjukkanbahwaperbincangan di telepondapatmerusakpengenalanmemoriselamasimulasiberlangsung.
Eksperimen 3:Hasileksperimeninimenunjukkanbahwaberbicaramenggunakantelepongenggamsaatmengemudimenggangguatensipengemudiakandunialuar. Merekakurangdapatberkonsentrasiterhadapapa yang ialihatdi depanmatanyaketikamengemudisambilmelakukanpembicaraan di telepon.
Eksperimen 4:Hasileksperimeninimenunjukkanbahwaperbincangan di teleponmengurangiatensipada input eksternal.

Comments

Popular posts from this blog

contoh Laporan psikologi wawancara ( KEBAHAGIAAN PADA LANSIA)

review jurnal psikologi perkembangan “Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir”

Jurnal psikologi bahasa inggris beserta terjemahannya dalam bahasa indonesia