REVIEW JURNAL PSIKOLOGI KONSELING DAN PSIKOTERAPI

 REVIEW JURNAL PSIKOLOGI KONSELING DAN PSIKOTERAPI

No. Indikator Keterangan

1 Judul Peningkatan Percaya Diri Siswa Menggunakan Layanan

Bimbingan Kelompok

2 Penulis Rini Larassati

Yusmansyah

Diah Utaminingsih

3 Identitas Jurnal Alibkin (Jurnal Bimbingan Konsling). Vol 4, No 3 (2015)

4 Teori • Percaya Diri

Rasa percaya diri yaitu suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

• Bimbingan Kelompok

Prayitno (1995:61) menjelaskan bahwa Bimbingan kelompok diartikan sebagai upaya untuk membimbing kelompok-kelompok siswa agar kelompok itu menjadi besar, kuat, dan mandiri, dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk mencapai tujuan-tujuan dalan bimbingan dan konseling.

              Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bimbingan kelompok memungkinkan kepada individu untuk bisa melatih diri dan mengembangkan dirinya dalam memahami dirinya sendiri, orang lain serta lingkungannya sehingga percaya diri siswa di sekolah meningkat.

5 Tujuan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan percaya diri menggunakan layanan bimbingan kelompok.

6 Hipotesis peningkatan percaya diri siswa setelah pengunaan layanan bimbingan kelompok

7 Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Noneqevalent Control Group Design.

Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI SMK Penerbangan Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 yang kurang percaya diri dan diperoleh melalui penyebaran skala percaya diri.

Prosedur Penelitian

Peneliti menyebarkan skala percaya diri kepada siswa kelas XI dengan jumlah 24 siswa untuk melihat siswa yang kurang percaya diri. Dari hasil penyebaran skala, didapatkan 20 siswa memiliki skor percaya diri rendah, sedang dan tinggi. Kemudian 10 siswa tersebut dijadikan subjek penelitian dan 10 siswa dijadikan kelompok kontrol.Selanjutnya 10 subjek penelitian diberikan layanan bimbingan kelompok sebanyak 3 pertemuan dengan jenis kelompok tugas dan dalam setiap pertemuan diberi tema khusus untuk meningkatkan percaya diri siswa.

8 Hasil Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan percaya diri siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dan tidak terjadi peningkatan percaya diri pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan berupa bimbingan kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat percaya diri siswa kelas XI di SMK Penerbangan Bandar Lampung setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok meningkat dibandingkan sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan tabel 1 dijelaskan hasil pretest terhadap 10 subyek pada kelompok eksperimen sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh nilai rata-rata skor percaya diri yaitu 99,4. Setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok, hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 154,4. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan percaya diri siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok sebesar 22,5%. Berdasarkan table 2 dijelaskan hasil pretest terhadap 10 subjek kelompok

9 Simpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan Percaya diri dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok pada siswa XI SMK Penerbangan Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan ada peningkatan skor percaya diri pada sepuluh siswa setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok.


Comments

Popular posts from this blog

contoh Laporan psikologi wawancara ( KEBAHAGIAAN PADA LANSIA)

review jurnal psikologi perkembangan “Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir”

Jurnal psikologi bahasa inggris beserta terjemahannya dalam bahasa indonesia